Lakon Pewayangan : Kemasan (Gendreh Kemasan)

Gendreh Kemasan. Di Negeri Wirata R. Seta, R. Utara, R.Wiratsangka dan Patih Nirbita sedang menghadap Prabu Matswapati untuk membicarakan tentang hadiah yang akan diberikan kepada R. Arjuna (Pandawa) mengingat banyak jasa-jasa Pandawa kepada negara Wirata. Atas kesepakatan bersama, maka Dewi Utari putri Wirata dianugrahkan sebagai hadiah kepada R. Arjuna, namun Dewi Utari bersedia dijadikan hadiah apabila Pandawa mampu menjujung/mengangkatnya.

Untuk itu semua keluarga Pandawa mencoba menggendong/ mengangkatnya, akan tetapi tak satupun mampu mengangkat Dewi Utari, akhirnya atas petunjuk Prabu Kresna R. Abimanyu diperintahkan ikut sayembara junjung, dengan mengeluarkan sekuat tenaga R. Abimanyu mampu mengangkat Dewi Utari tanpa kesulitan. Maka dengan demikian R. Abimanyulah yang berhak memiliki Dewi Utari. Dengan kesepakatan bersama, perkawinan R. Abimanyu dengan Dewi Utari agar dirahasiakan sebab Prabu Duryudana tidak berkenan bila Dewi Utari dipersanding R. Abumanyu.

Setelah semua persyaratan dan persiapan telah terpenuhi, Dewi Utari dan R. Abimanyu segera melangsungkan pernikahan dan pihak Kurawa berusaha menhalangi namun dapat digagalkan oleh Pandawa. Perkawinan ini masih dirahasiakan agar istri R.Abumanyu Dewi Siti Sundari tidak mengetahui, tetapi Kalabendana telah terlanjur memberitahu Dewi Siti Sundari dan Dewi Utari pun akhirnya mengetahui bahwa suaminya telah beristri, sehingga ia merasa dibohongi dan terjadi perselisihan keduanya, melihat hal ini R. Abimanyu sangat murka.

Source Wayangku Wayang Indonesia

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.