Lakon Pewayangan : Parta Dewa, Raja Indraprasta

Di istana Indraprasta sekarang ada raja baru, bernama Prabu Parta Dewa, yang melindungi keselamatan negara Indraprasta. Prabu Parta Dewa meminta. Patih Tambakganggeng dan Patih Tambakgangga beserta putra putra Pandawa : Gatutkaca, Antareja, Antasena dan Abimanyu, selalu bahu membahu memperkuat pertahanan Indraprasta dari waspada apabila ada serangan musuh. Arjuna tturun ke marcapada, dan mengejar  sukma Prabu Kresna dan Sembadra yang lari dari khayangan.

Sukma Prabu Kresna bertarung habis habisan melawan serangan sukma Arjuna. .Sukma Kresna dan sukma Arjuna saling pukul, dan mereka jatuh terpental ke marcapada. Mereka segera turun mencari raganya, karena masing masing pukulannya sangat keras, maka sukma Kresna terjatuh di raga Arjuna dan keliru memasuki raga Arjuna dan sukma Arjuna juga terjatuh diraga Prabu Kresna  dan masuk kedalam raga Prabu Kresna. Disini terjadi dialog yang lucu, dan memberi warna segar pada para penonton setelah ada ketegangan waktu diperlihatkan suasana neraka di panggung wayang orang.

Kemudian terjadilah perkelahian  antara Arjuna dan Kresna. mereka  berebut raga  masing masing. Sukma Kresna dan Sukma Arjuna akhirnya masuk kembali keraga masing masing. Arjuna marah pada Sembadra, mengapa Sembadra menyusul ke Kahyangan. Prabu Kresna menyindir Arjuna yang sedang menjadi raja Bidadari. Dikatakan Arjuna sudah tidak ingat anak istri. Sudah tidak memperdulikan persaudaraan Pandawa Lima yang sekarang.

Source Wayangku Kumpulan Cerita Wayang

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.