Arjuna Papa : Kisah Arjuna Ditangkap, Disiksa Kurawa

0 219

Di istana Astina, dihadapan patih Sakuni, Prabu Suyudana berkata, “Pamanda patih Sakuni, sesudahnya adinda Arjuna mati diracun setelah ditangkap, disiksa Kurawa, iba rasa hatiku, sekarang kuperintahkan, kepada ratu sabrang prabu Jayasutikna hendaknya dapat memusnahkan para Pandawa, jika terlaksana, akan kupenuhi permintaannya meminang ananda Dewi Lesmanawati”, berangkatlah patih Sakuni, resi Durna dan para Kurawa untuk menyampaikan pesan prabu Suyudana.

Hyang Baruna beserta putrinya retna Suyakti, iba rasa hatinya melihat Arjuna terapung – apung di samudra, berkatalah, “Wahai, raden Arjuna, ku sembuhkan raden dari perbuatan para Kurawa yang meracuni raden, baiklah raden segera berangkat ke Sigrangga. Adapun putramu Abimanyu dan Irawan, telah berada di Astina”, sembuhlah raden Arjuna dari keracunannya, sambil mengucapkan terimaksih, berangkatlah Arjuna ke gua Srigangga.

Pula telah berkumpul, Sri Kresna dengan prabu Yudistira, Nakula, Sadewa dan Werkudara, kesemuanya akan menuju ke istana Astina, tak lain akan mencari Arjuna, demikian pula Gatutkaca, Antasena, kesemuanya telah berangkat untuk mencari pamandanya Arjuna. Dewi Banowati terperanjat hatinya melihat raden Arjuna sudah ada di kamarnya, setellah berbincang – bincang, masuklah raden Abimanyu dan Irawan, dengan isyarat dari ayahandanya, diseyogyakan menuju ke ruangan lain, lajulah raden Abimanyu ke gupit Mandragini dan bertemulah dengan puteri ratu sabrang, Dewi Sutiknawati. Para inang pengasuh dari putri tersebut, sangat terheran – heran.

Source My Wayang Kumpulan Cerita Wayang
Comments
Loading...