Arjunapati : Pengujian Terhadap Seorang Murid yang Patuh

0 232

Prabu Arjunapati  adalah raja negara Sriwedari dan anak murid Prabu Kresna raja di Dwarawati. Dia adalah seorang murid yang amat patuh terhadap gurunya dan menurut apa titah gurunya. Sehingga ada sebuah peristiwa ketika Prabu Arjunapati mendapat titah yang sungguh diluar ukuran kesantunan yaitu supaya menyerahkan permaisurinya kepada Raden Arjuna.

Maka Prabu Arjunapati dengan dibantu oleh patihnya melawanlah ia hingga terjadi perkelahian yang menyebabkan Arjuna terbunuh. Tetapi Arjuna dapat dihidupkan kembali oleh Prabu Kresna dengan menggunakan keampuhan bunga Wijaya Kusuma. Ini adalah sebuah penggambaran bahwa bertindak zalim itu akan kalah dan mendapat hukuman yang setimpal yaitu menemui ajalnya dan hukuman harus diterima sebagaimana adanya, oleh karena ini adalah hasil, buah daripada perbuatan sendiri dan tak pandang bulu apakah itu Arjuna sekalipun harus memetik buah daripada perbuatannya.

Prabu Kresna atau juga biasa disebut Sri Batara Kresna  atau baca : Kresna adalah tokoh yang sangat arif terhadap apa yang akan terjadi. Kisah Prabu Arjunapati hanya sebuah pengujian terhadap seorang murid, apakah ia patuh terhadap perintah guru. Prabu Arjunapati berparas tampan, bermata jaitan, hidung mancung, bersanggul kadal menek, sunting waderan, berjamang tiga susun  dengan garuda membelakang dan pandangannya jernih dan tenang.

Ia berpraba, bergelang, berpontoh, berselendang dengan kain kerajaan lengkap tampil sebagai raja muda yang gagah dan berkeroncong. Harjunapati memerintah Negara Sriwedari. Seperti yang diketahui sebelum diruwat Begawan Budawirocana di pertapaan Budisita, wujud daripada Prabu Harjunapati raksasa. Namanya adalah Kunjarakarna. Setelah Harjunapati berganti wujud menjadi seorang ksatria, Harjunapati kemudian bertakhta di Negara Sriwedari. Ia memperistri dan berpermaisurikan Dewi Citrahoyi, ia adalah cucu keponakan Citrawati.

Source My Wayang Sekar Budaya Nusantara
Comments
Loading...