Arti Motif Wayang : Anak Tangga dalam Kayon Gapuran Jogja

0 194

Anak tangga atau trap mewakili perjalanan yang harus kita jalani setapak demi setapak menuju pintu alias akhir hidup kita. Banyaknya anak tangga yang didaki, menggambarkan aral atau rintangan dalam perjalanan kita. Anak Tangga atau Trap. Anak Tangga atau trap yang letaknya di bagian depan dari gapura dalam hias atau motif kayon atau gunungan gapuran atau lanang atau laki Рlaki Jogja. Konsep antara anak tangga atau trap dalam kayon atau gunungan gapuran atau lanang atau laki Рlaki Jogja hampir mirip dengan konsep punden berundak.

Karena anak tangga atau trap tersusun satu demi satu mengarah keatas, maka disini dapat dilihat adanya suatu proses keatas yaitu seseorang tidak akan langsung dapat menempati tempat yang ada di atas sebelum melewati tangga sebelumnya dan hal itu dilakukan dengan menaikinya satu persatu tangga secara urut. Punden berundak adalah sebuah tiruan gunung yang dibuat dengan sistem tangga yaitu berundak, dalam bahasa Jawa undak berarti tangga dengan awalan ber, yang jika digabungkan berarti tangga yang memiliki trap banyak.

Sedangkan punden dalam istilah bahasa jawa yaitu pundhi yaitu dipundhi atau dihormati, pada jaman dahulu orang Jawa sangat menghormati sekali.

Golek sampurnaning urip lahir batin lan golek kusumpurnaning pati
Manusia bertanggung jawab untuk mencari kesejahteraan hidup di dunia dan akhirat

Source My Wayang Warisan Punakawan
Comments
Loading...