Arti Motif Wayang : Banteng dalam Kayon Gapuran Jogja

0 407

Hewan banteng atau kerbau ini mewakili pemikiran dualitas, simbol baik dan buruk di kayon. Hewan banteng biarpun herbivora, tapi kekuatannya tak bisa diremehkan. Jadi simbol kebaikan dan ketangguhan. Perlu diinget teman, simbol banteng bisa berbeda – beda artinya menurut penggunaannya. Banteng juga begitu, biarpun dianggap baik seperti menjadi simbol partai politik, tetapi di kebudayaan lain bisa sebaliknya. Seperti Minotaur di mitos Yunani, atau tradisi bullfight di Spanyol.

Banteng dan binatang kembar yang disebut dengan Nakula atau laki – laki dan perempuan. Banteng merupakan simbolisasi dari bagian masyarakat dunia atas atau alam niskala yang paling bawah, karena banteng adalah binatang yang dalam mempertahankan hidupnya selalu menggunakan kekuatan jasmani dari pada pikiran, meskipun semua binatang menggunakan kekuatan jasmani dari pada akal tetapi ada binatang yang diberkelahi dengan kekuatan pikiran yang setingkat lebih tinggi dari binatang lainnya misalnya kera, kancil dan sebagainya.

Binatang ini dalam kayon digunakan sebagai bentuk simbolisasi dari kejujuran, kekuatan dan pantang menyerah demi tujuan suci, tidak mengenal takut dan tidak mengecewakan dalam suatu pergulatan. Seperti diketahui bahwa dalam kehidupan nyata Banteng selamanya tidak akan menyerah kepad manusia. Posisi dalam kayon terletak pada bagian kanan, hal ini dapat diartikan sebagai lambang kebenaran, kebaikan, kejujuran dan kekuatan yang ada dalam din manusia.

Source My Wayang Warisan Punakawan
Comments
Loading...