Arti Motif Wayang : Bunga dan Buah dalam Kayon Gapuran Jogja

0 385

Bunga atau kembang dan buah menjadi bagian penting di kebudayaan Jawa, bagian ritual sejak ribuan tahun silam yang masih kita lestarikan dan adaptasi teman. Dalam syukuran kelahiran, pernikahan, bahkan kematian, bunga atau kembang tak pernah absen. Bisa menjadi simbol kebahagiaan, rizki, harapan, bisa juga kesedihan. Bahkan tiap – tiap bunga dalam Kembang Setaman punya makna sendiri – sendiri. Ornamen berasal dari bahasa latin yaitu orname yang berarti menghias sebagai kata kerja.

Pada dasarnya tujuan dari menghias adalah menambah nilai keindahan dari suatu benda atau karya. Ragam hias pendukung yang ditambahkan lebih bersifat bebas tidak harus disesuaikan dengan karakter hias utama, misalnya bunga akan di hias sedemikian rupa agar indah, maka karakter bunga seperti lembut, elegan dan lain – lain. Tidak harus menuntut hias tambahan untuk menyesuaikannya tetapi tergantung si seniman mengolah hias tambahan untuk diterapkan kedalam motif bunga.

Selain untuk menghiasi suatu obyek agar kelihatan lebih bagus dan menarik, fungsi lainnya adalah sebagai simbol tentang kepercayaan tertentu, sehingga obyek – obyek yang dikenainya akan mempunyai makna yang lebih jauh, misalnya setiap ragam hias dari kayon memiliki makna yang dikaitkan dengan filsafat hidup orang Jawa. Unsur spiritual tersebut merupakan peninggalan kebudayaan dan menjadi ciri khas dari kesenian Indonesia pada masa lampau yaitu animisme dan dinamisme. 

Source My Wayang Warisan Punakawan
Comments
Loading...