Arti Motif Wayang : Gelang Candrakirana Milik Bima

0 567

Gelang Candrakirana adalah gelang yang dikenakan oleh Raden Werkudara Bentuk gelang berbeda-beda. Yang dikenakan oleh raja berbeda dengan gelang yang dipakai oleh punggawa atau prajurit, gelang yang dipakai ksatria berbeda juga bentuknya dengan yang dikenakan oleh batur atau punakawan dan lain sebagainya. Ada gelang khusus yang hanya dikenakan oleh tokoh tertentu, umpamanya Gelang Candra Kirana hanya empat tokoh wayang yang memakainya, yakni Dewa Ruci, Batara Bayu, Bima dan Hanoman hanya itulah yang mengenakan Gelang Candra Kirana.

Ciri-ciri tokoh wayang yang memakai Gelang Candra Kirana adalah mempunyai Kuku Pancanaka dan memakai kampuh (kain panjang sebagai bebet) Poleng Bang Bintulu, kotak-kotak hitam-putih seperti papan catur. Tokoh wayang ada juga yang tidak mengenakan gelang dan kelat bahu samasekali seperti Prabu Punta Dewa atau Yudistira, Raden Janaka atau Harjuna, Dewi Bratajaya atau Wara Subadra. Padahal Raden Harjuna ketika masih timur (muda) yang mempunyai nama Raden Permadi itu memakai gelang dan kelat bahu.

Mengapa busana Raden Arjuna malah sangat sederhana sekali?. Selain tidak memakai kelat bahu, gelang, kroncong, kalung dan sebagainya, Arjuna juga tidak memakai keris. Mungkin lantaran Raden Arjuna selain ngganteng dan sakti mandra guna, Arjuna juga sudah dinobatkan sebagai lelananging jagat oleg Jawata. “Buat apa pakai aksesori banyak-banyak dan macam-macam, ngribet-ngribeti, semua tertarik.

Source kompasiana.com kompasiana.com/pakde-sakimun/mengais-warisan-budaya-leluhur-4_552a15346ea8342e74552d02
Comments
Loading...