Arti Motif Wayang : Kayon Bali dengan Bentuk Oval

0 529

Gunungan adalah wayang berbentuk gambar gunung beserta isinya. Di bawahnya terdapat gambar pintu gerbang yang dijaga oleh dua raksasa yang memegang pedang dan perisai. Itu melambangkan pintu gerbang istana dan pada waktu dimainkan gunungan dipergunakan sebagai istana. Di sebelah atas gunung terdapat pohon kayu yang dibelit oleh seekor ular naga. Dalam gunungan tersebut terdapat juga gambar berbagai binatang hutan. Gambar secara keseluruhan menggambarkan keadaan di dalam hutan belantara.

Gunungan melambangkan keadaan dunia beserta isinya. Sebelum wayang dimainkan, Gunungan ditancapkan di tengah – tengah layar, condong sedikit ke kanan yang berarti bahwa lakon wayang belum dimulai, bagaikan dunia yang belum beriwayat. Setelah dimainkan, Gunungan dicabut, dijajarkan di sebelah kanan. Gunungan dipakai juga sebagai tanda akan bergantinya lakon atau tahapan cerita. Untuk itu gunungan ditancapkan di tengah – tengah condong ke kiri.

Relief Kayon atau Gunungan Bali berbahan kuningan ini terdiri dari 3 ukuran yaitu gunungan Bali besar, gunungan Bali sedang dan gunungan Bali kecil. Ukiran relief Kayon atau Gunungan Bali ini memiliki bentuk yang berbeda dari Kayon atau Gunungan Jawa. Bentuk dari Kayon atau Gunungan Bali adalah oval sedangkan ukiran Kayon atau Gunungan Jawa membentuk model segitiga pada bagian atasnya. Wayang Kayon atau Gunungan Bali, dibuat menggunakan canson paper, cat air dan juga marker.

Source My Wayang Seni - Budaya Indonesia
Comments
Loading...