Arti Motif Wayang : Macan dalam Kayon Gapuran Jogja

0 445

Macan atau harimau mewakili pemikiran dualitas, simbol baik dan buruk di kayon atau gunungan gapuran atau laki-laki Jogja. Jika tak ada singa, raja hutannya macan. Jadi simbol penguasa dan kewibawaan. Perlu diingat teman, simbol macan bisa berbeda artinya menurut penggunaannya. Macan bisa jadi simbol hal baik seperti simbol klub olah raga atau mitos Prabu Siliwangi. Peribahasa Jawa Kekudhung Walulang Macan (Berkerudung kulit harimau).

Artinya, punya keinginan tapi dilakukan dengan mengandalkan wibawa atau nama orang yang disegani. Harimau dan binatang kembar yang disebut dengan Nakula atau laki – laki dan perempuan. Harimau merupakan simbolisasi dari bagian masyarakat dunia atas atau alam niskala yang paling bawah, karena harimau adalah binatang yang dalam mempertahankan hidupnya selalu menggunakan kekuatan jasmani dari pada pikiran. meskipun semua binatang menggunakan kekuatan jasmani dari pada akal tetapi ada binatang yang diberkelahi dengan kekuatan pikiran yang setingkat lebih tinggi dari binatang lainnya misalnya kera, kancil dan sebagainya, macan menganggap dengan memiliki badan yang besar, kokoh, tanduk dan taring yang runcing yaitu harimau mampu mengalahkan semua binatang yang lainnya.

Keangkuhan inilah yang menempatkan harimau pada alam niskala yang paling bawah karena masih terdapat nafsu-nafsu manusia yang dapat menghalangi masuknya manusia pada taraf tingkatan yang lebih tinggi yaitu alam niskala.

Source My Wayang Warisan Punakawan
Comments
Loading...