Arti Motif Wayang : Mata Kedelen Menyerupai Kedelai

0 452

Beberapa gaya Wayang Kulit yaitu bergaya Surakarta dan ada yang bergaya Yogyakarta. Pada pembahasan ini, akan mengupas mengenai wayang kulit gaya Yogyakarta. Tokoh – tokoh manusia, dewa – dewi, banyak yang bentuk mata – nya menunjukkan adanya kesamaan ragam dengan bentuk mata tokoh, meliputi beberapa bentuk mata wayang kulit Jawa yang disebut jaitan dan kedelen. Mata Kedelen untuk menggambarkan tokoh – tokoh yang berwatak perwira, tangkas, pemberani serta yang bertubuh sedang dengan jenis mata Kedelen, yaitu jenis mata wayang yang bentuknya menyerupai biji kedelai.

Mata dirancang untuk tubuh sedang. Untuk bentuk – bentuk mata jaitan, kadelen dan kadondongan, bagian biji mata tidak dibuat terjepit di antara sebuah bilah yang menghubungkan bagian kelopak mata atas dan bawah. Bagian biji mata dibuat menggunting di bagian kelopak mata atas. Teknik pembuatan bentuk mata sedemikian itu, memang memberi efek yang memerjelas corak wajah orang Cina. Wanda kedoknya menyiratkan seseorang yang gagah, pemberani dan berwibawa sesuai dengan karakternya yang juga gagah.

Matanya agak melotot, dan disebut bentuk mata kedelen. Mata kedelen, jenis mata ini diwujudkan dengan bentuk menyerupai biji kedelai pada biji mata atau manik nya. Mata kedelai digunakan untuk tokoh wayang yang bertubuh sedang atau kelompok kathongan. Mata kadelen seperti Baladewa, Setyaki, patih Hudawa, bentuk mata seperti kedelai.

Source My Wayang Medhar Kawruh
Comments
Loading...