Arti Motif Wayang : Ular (Naga) dalam Kayon Gapuran Jogja

0 457

Kepercayaan soal ular atau naga khususnya di Jawa dan Kalimantan, dianggap lambang dunia bawah untuk dunia atas disimbolkan burung. Di pewayangan ada Sang Hyang Antaboga atau Nagasesa, dewa penguasa bumi bawah. Jika dalam agama Kristen dianggap jahat, berbeda di agama Hindu yang menjadi simbol penciptaan, pemeliharaan dan kehancuran. Ular atau naga disebutkan juga simbolisasi pertapa yang tahan lapar, sabar, berbudi, cendekiawan.

Ular atau naga sering jadi tokoh antagonis di mitos Barat, kebalikan di negeri Timur seperti Cina. Mimpi melihat ular dalam primbon Jawa kerap kali dikaitkan sebagai pertanda buruk mengingat binatang melata yang satu ini memang sering diidentikan dengan hal – hal mistis dan jauh dari kesan positif. Tetapi hal tersebut tidak perlu disikapi secara berlebihan karena mimpi bagi sebagian orang hanya dianggap sebagai bunga tidur yang tidak memiliki makna khusus.

Namun tidak ada salahnya juga untuk mencoba mencari tahu apa sebenarnya makna dari mimpi yang baru saja anda mimpikan semalam. Melihat ular bagi banyak orang khususnya para kaum hawa tentu saja menjadi hal yang sangat menakutkan, menganggu sekaligus membuat bulu kuduk menjadi berdiri. Hal ini memang sangat wajar karena banyak sekali yang merasa takut dengan ular apalagi jika ular tersebut adalah ular berbisa yang sangat berbahaya jika sampai dipatuk.

Source My Wayang Warisan Punakawan
Comments
Loading...