Arti Motif Wayang : Wayang Bokong Miring (Lonjong)

0 164

Busana bagian bawah dapat dibedakan dari tingkat sosial, jabatan dari tokoh wayang tersebut, misalnya raja, satria, pendeta, punggawa, panakawan. Selain dibedakan dari kedudukan atau jabatan masing-masing tokoh wayang dapat juga dilihat dari golongan wayang yaitu wayang bokongan (bokong = pantat), wayang jangkahan dan wayang raksasa. Wayang Bokongan bertepi kain halus dalam bentuk tatahan. Tokoh wayang yang menggunakan busana jenis ini memiliki watak dan karakter yang lembut dan sederhana, misalnya Arjuna sepuh (tua).

Wayang Bokongan dengan sembuliyan adalah busana bagi tokoh wayang golongan satria muda, misalnya Permadi, Samba, Abimanyu, dan sebagainya. Wayang Bokongan bertepi sembuliyan, keris manggaran dengan untaian bunga serta uncal. Wayang Bokongan bertepi sembuliyan, keris manggaran dengan untaian bunga serta uncal. Busana jenis ini pada umumnya merupakan busana yang dikenakan oleh para raja atau satria putra raja, misalnya Pandudewanata, Prabu Sentanu, dan sebagainya.

Wayang Bokongan miring atau lonjong. Busana jenis ini biasanya dikenakan oleh raja, misalnya Prabu Drupada, Puntadewa, dan sebagainya

Source bukusekolahdigital.com bsd.pendidikan.id/data/SMK_10/Pedalangan_Jilid_1_Kelas_10_Supriyono_dkk_2008.pdf
Comments
Loading...