Ciri Wayang Kulit Yogya : Sederhana Tanpa Hiasan

0 282

Jika dicermati dari tatahannya, dapat diketahui bahwa hampir semua tatahan untuk tokoh wayang menggunakan unsur tatahan yang dinamakan inten – intenan, terutama pada pecahan uncal kencana, sumping, turido dan bagian busana lainnya. Namun dan tahahan ini tidak menjadi unsur pokok untuk membedakan, kadang tidak menggunakan unsur tatahan tersebut, terutama jenis wayang pedalangan yang hanya memerlukan kapangan atau cakrik yang baik saja, dengan tatahan yang agal sehingga lebih tahan lama.

Pada tali bagian atas dan bawah wayang gaya Yogyakarta hanya berbentuk garis tanpa hiasan tatahan di dalamnya. Unsur tatahan wayang kulit gaya Yogyakarta. Unsur adalah bagian terkecil dari suatu lembaga atau bagian yang lebih besar, jika unsur-unsur itu disusun sedemikian rupa akan membentuk suatu lembaga. Unsur dalam natah wayang kulit yang dimaksudkan adalah bagian terkecil dari tatahan dalam wayang kulit. Unsur-unsur tatahan yang telah disusun sesuai dengan aturan-aturan dalam dalam wayang dapat menghasilkan suatu yang rumit tetapi indah seperti yang dapat dinikmati pada tatahan wayang kulit dewasa ini.

Unsur-unsur yang ada dalam tatahan kulit memiliki bentuk (motif) tersendiri dan memiliki nama atau sebutan masing-masing. Sepertinya telah terjadi perjanjian secara konvensional tentang unsur-unsur tatahan wayang dengan penerapannya. Kesepakatan umum itu berlangsung hingga sekarang, secara turun-temurun, sehingga jika ingin menjadi ahli dalam menelaah wayang.

Source My Wayang Cerita Wayang
Comments
Loading...