Dalang Wayang : 38 Dalang Tampil Satu Panggung

0 28

38 dalang, satu diantaranya perempuan yang tergabung dalam Persatuan Pedalangan Indonesia Cabang Kabupaten Karawang, ikut memeriahkan Hari Ulang Tahun Karawang.

Para dalang yang akan ikut itu rencananya ditampilkan dalam satu panggung

kata Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia setempat, Dalang Darsa, di Karawang, kemarin. Dalang sebanyak 38 itu, akan menampilkan “lakon” atau cerita tentang “sesaji hajat suya wangsa brata”, yakni suatu peristiwa yang menceritakan tentang upacara yang dinilai sakral pada zaman kerajaan. Menurut dalang Darsa, pertunjukkan wayang kolosal dengan menampilkan 38 dalang dalam satu panggung belum pernah dilakukan pada kegiatan Hari Ulang Tahun Karawang sebelumnya. Darsa berharap dengan pertunjukkan wayang kolosal ter mampu menanamkan seni budaya warisan nenek moyang kepada generasi muda. Sehingga mereka bisa lebih tertarik menggali kebudayaan, khususnya dunia pewayangan.

Kami bertekad akan menampilkan pertunjukkan sebaik-baiknya

kata dia. Sementara itu, Ketua DPRD Karawang Tono Bahtiar mengatakan, penanaman kecintaan kebudayaan khususnya budaya lokal kepada generasi harus terus ditingkatkan.

Saya kira pertunjukan 38 dalang adalah akan menjadi pertunjukan yang menarik. Karena biasanya hanya satu dalang menggarap satu cerita

katanya.

Source poskotanews.com poskotanews.com/2013/09/14/38-dalang-tampil-satu-panggung
Comments
Loading...