Dalang Wayang : 45 Dalang Cilik Seluruh Indonesia

0 82

Tahun 2003, UNESCO menetapkan wayang sebagai masterpiece of oral and intangible heritage of humanity. Hal ini tidak dimaknai sebagai pencapaian akhir dari perkembangan budaya di Indonesia tetapi penetapan ini menjadi pendorong bagi bangsa Indonesia untuk terus melestarikan budaya bangsa melalui pendidikan. Festival dalang cilik Indonesia di ikuti oleh 45 dalang cilik yang membawakan lakon pilihannya masing-masing. Seperti lakon bratasena ngadupadi kayu gung susuhing angin yang dibawakan Aditya Sandhi Sadewa, lakon gathotkaca senopati yang dibawakan Elvia Trisniawati, lakon wahyu topeng wojo yang dibawakan Adnantya Akman Fauzan dan masih banyak lakon lain.

Hal ini menunjukan bahwa minat, bakat dan kecintaan para dalang cilik untuk belajar serta melestarikan kesenian wayang semakin besar. Harapan kegiatan ini dapat meningkatkan perhatian masyarakat dan pemerintah dalam memberikan penghargaan terhadap potensi-potensi muda pelestari budaya. Selain mencintai dan mendalami seni pertunjukan wayang kulit, para dalang cilik ini adalah generasi berprestasi yang jarang ditekuni oleh anak-anak seusianya.

Oleh karena itu, selayaknya kita memberikan apresiasi setinggi-setinggi bagi mereka dengan keyakinan bahwa mereka adalah bagian jawaban dari harapan para dalang legendaris yang ingin melihat generasi muda penerus dapat terus menjaga dan melestarikan kesenian wayang.

Source kompasiana.com kompasiana.com/adhaneffendi/572ace0a8623bd0a0b44ebb9/para-dalang-legendaris-dalang-cilik-penerus-dan-secercah-cahaya-kesenian-wayang-masa-depan
Comments
Loading...