Dalang Wayang : Aldi Priambodo, Dalang Anak Yogyakarta

0 149

Aldi Priambodo memang masih berusia 13 tahun. Tapi, saat ajang Festival Dalang Andak se-DIY yang digelar oleh Dinas Kebudayaan Provinsi DIY bekerja sama dengan Pepadi DIY di Pendapa Ndalem Yudhaningratan, ia terlihat penuh percaya diri. Aldi adalah salah satu dalang anak yang unjuk kepiawaian pada festival dalang yang diikuti anak-anak usia 8 – 15 tahun. Nomor undian pertama yang berada dalam genggamannya, tak membuat Aldi menjadi grogi.

Sudah lama ia mempersiapkan diri. Kelir yang terbentang seperti siap menjadi saksi perjalanannya menjadi seorang dalang. Pun deretan wayang tersusun rapi di atas gedebog. Ia semakin bersemangat ketika dua sinden cantik mulai mengalunkan sebuah tembang. Apalagi ketika para pengrawit mulai turut meramaikan suasana dengan suara gamelan. Dengan durasi pertunjukan 40 menit, Aldi memilih lakon Jabang Tutuko dalam gaya pakeliran Yogyakarta. Lakon ini berkisah tentang kelahiran Gatot Kaca.

Cempala sudah berada di kakinya dan ia siap memukulkannya ke kotak wayang yang berada tak jauh dari sisinya. Goro-goro penghangat suasana, tak lupa disisipkannya. Pun, sabetan ala Aldi sudah dipersiapkannya dengan matang. Ia ingin penonton tak jenuh dalam menyimak penampilannya.

Wayang bisa melakonkan budi pekerti seseorang. Yang baik kita contoh. Yang buruk, dapat kita tinggalkan

kata Aldi usai pementasan. Aldi memang tak membuat penampilannya sebagai sebuah beban. Ia terkesan seperti membiarkan.

Source warga-desa-worlds.blogspot.com warga-desa-worlds.blogspot.com/2011/07/dalang-anak-penerus-masa-depan-wayang.html
Comments
Loading...