Dalang Wayang : Bagus Baghaskoro Wisnu Murti, Muda

0 266

Dalang muda profesional, Bagus Baghaskoro Wisnu Murti (asal Jawa Timur), pada Pergelaran Wayang “Kresna Duta” mampu mengakselerasikan elemen instrumental (musik), solah (tempo permainan), dan cepengan (memegang atau menggerakkan wayang) yang mengesankan. Daya imajinasi dalang mampu mengeksplorasi lakon yang  ditangkap penonton secara multi interpretatif. Keunggulan estetik ini kemudian semakin diperkuat dengan penampilan para aktor dan aktris andal dari dunia Pewayangan Indonesia, Agus Prasetyo (WO Sriwedari) yang berperan sebagai Karno, Matheus Wasi Bantolo (ISI Surakarta) berperan sebagai Kresna, serta Eny Sulistyowati (Seniman Tari Jakarta) berperan sebagai Kunti.

Ini kolaborasi yang solid. Diplomasi Indonesia mempromosikan Wayang secara mandiri. Multi track diplomacy. Tidak dilakukan Negara (Pemerintah), tapi dari para penggiat wayang dari lembaga non-Pemerintah (NGO). Penampilannya bagus. Mengantar kebudayaan Indonesia semakin mendunia

ujar Jeff Cottaz, Pengamat Budaya Indonesia, berkebangsaan Perancis. Cottaz menyatakan hal itu usai menyaksikan “Kresna Duta” pada sesi unjuk kebolehan Delegasi Indonesia yang terdiri dari sejumlah penggiat seni wayang yang tergabung di Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia (Senawangi), dimeeting program ‘7th General Assembly’ yang berlangsung di Markas UNESCO, Paris. Perhelatan yang disaksikan ratusan orang dari berbagai Negara ini sekaligus menunjukkan pada dunia, bahwa Indonesia adalah rumah bagi wayang.

Tentu kita bangga dapat memperlihatkan hal ini kepada masyarakat dari manca negara

kata dalang.

Source investor.id investor.id/investor/investor/496565-wayang-dikagumi-tapi-terpinggirkan-di-negeri-sendiri.html
Comments
Loading...