Dalang Wayang : Bagus Pramitha Adi Nugroho, Dalang

0 168

Lahir di Wonogiri, 20 Januari 2001 beralamat di Losari Gg.V Sidiharjo Gedeg Mojokerto telp. 081330721139. Saat ini siswa SD IT Permata Mojokerto. Belajar mendalang otodidak. Prestasi yang diperoleh adalah : 5 Penyaji Terbaik FDB se Jawa Timur tahun 2010

Bagus baru saja menuruni panggung utama Festival Dalang Bocah (FDB) 2012 yang digelar di pelataran Museum Bank Indonesia, Jakarta. Lakonnya, Labuh Nagri, yang dibawakan dengan Gaya Jawa Timuran, sukses membuatnya disalami banyak orang. Bocah bertubuh kecil itu tersenyum simpul. Bagus adalah peserta ke-6 yang tampil di hari pertama FDB 2012 (5/7). Ke-5 peserta sebelumnya tampil di bawah panduan sinar matahari. Bagus beruntung, ia pementas pertama yang menggunakan pencahayaan panggung, pementasan malam yang memang menciptakan nuansa dramatis ala pertunjukan panggung.

Di luar soal lampu, kelahiran Wonogiri, 20 Januari 2001 itu memang memberikan performa yang prima. Teknik yang baik dipadukan dengan vokal yang khas memberikan corak pada karakter tokoh yang dimainkannya. Beberapa penonton terdengar ikut meramaikan suasana dengan ceplosan-ceplosan khas tontonan wayang yang dibawakan dalang dewasa. Tak sampai di situ, perbincangan singkat dengan bocah berusia 11 tahun ini memberikan harapan positif akan masa depan dunia wayang dan pedalangan. Berbekal keinginan dan hasrat, Bagus mendalami dunia wayang secara otodidak. Kisah perkenalannya dengan wayang masih membekas di ingatannya, ketika sang kakak, Sehono Wisnu Purwo Laksito, mengajaknya menonton.

Source dalangbocah.com dalangbocah.com/bagus-pramita-adi-nugroho-si-otodidak-dari-mojokerto
Comments
Loading...