Dalang Wayang : Bimo Aris Purwandoko, Dalang Anak Bantul

0 191
Bimo Aris Purwandoko

Lahir di Bantul, tanggal 25 Oktober 1996 adalah putra dari Bapak Santosa dan Ibu Ramini. Ia duduk di kelas 5 SD Putran Sabdodadi, Bantul. Bakatnya mendalang Ia peroleh dari Ayahnya tercinta. Banyak sekali pengalaman mendalang yang telah Ia dapatkan, diantaranya adalah Juara III Se- DIY tahun 2004, Dalang Favorit tahun 2005, dan Juara II Se- DIY tahun 2007. Bimo Aris Purwandoko (2007) menyatakan prihatin dengan rendahnya minat generasi muda terhadap dunia pewayangan, hal utama yang mendasarinya adalah dikarenakan adanya anggapan skiptis bahwa pewayangan merupakan suatu budaya bangsa yang bersifat kuno dan  ketinggalan zaman.

Daniel Mohammad Rasyid (2007) menyatakan bahwa penelusuran atas kurikulum pendidikan nasional terlalu mengarahkan kompetensi siswa pada pemahaman sains, sementara itu, pembelajaran akan budaya, sejarah dan nilai luhur bangsa, termasuk hal ini adalah dunia pewayangan sangat kurang dan disepelekan.Hal ini berbeda dengan kondisi Indonesia 30 tahun terakhir. Selain itu, pendidikan dasar barat yang maju justru memberikan perhatian yang lebih pada pendidikan sejarah, budaya dan kesenian.

Hal ini berarti pendidikan dasar di barat telah berhasil membangun karakter siswa melalui pemahaman nilai luhur yang terdapat dalam sejarah dan nasionalnya. Ekotjipto (2008), menjelaskan bahwa pada dasarnya, ada banyak faktor yang menyebabkan kurangnya apresiasi generasi muda akan kesenian wayang . Salah satu faktor teknis yang utama yang juga merupakan permasalahan.

Source Festival Dalang
Comments
Loading...