Dalang Wayang : Bripka Bondhan Hari Tunggal, Ok

0 45

Dijajaran Polisi Resor (Polres) Kudus ada salah seorang personil, Bripka Bondhan Hari Tunggal yang juga tak kalah jagonya dalam hal mengekspresikan jiwa seninya. Namun personil polisi yang ini tak bisa menari dan menyanyi lagu India sebagaimana personil Brimob asal Gorontalo, Ia jago mbabar wayang sebagai seorang dalang. Polisi berkumis tebal tersebut terlihat sangat mahir memainkan wayang saat diundang sebagai dalang di sebuah pesta pernikahan seorang warga Desa Soco, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus.

Dengan memakai seragam polisi lengkap Bondhan sangat piawai bercerita layaknya dalang sungguhan dan juga begitu merdu ketika melantunkan tembang Jawa dalam pewayangan yang dikenal sangat sulit. Dalam pementasan tersebut Bondhan memilih lakon “Wahyu Cokroningrat”, yang menggambarkan kepemimpinan seorang tokoh dalam pewayangan. Siang itu tamu undangan yang menyaksikan aksi Bondhan terlihat menikmati pertunjukan tersebut. Tak hanya dari kalangan orang dewasa, para remaja pun terlihat antusias. Bondhan menceritakan awalnya ia tertarik dengan wayang karena sejak kecil ayahnya seorang pensiunan TNI yang juga ndalang mengenalkannya pada sosok-sosok wayang dan tertarik dengan cerita yang dilakonkan.

Saya tertarik terhadap wayang bukan hanya karena wayang warisan budaya leluhur semata, namun juga karena cerita yang diangkat dalam pewayangan dapat memberi tuntunan kepada kita meski kita hidup di zaman yang modern.

Source seputarkudus.com seputarkudus.com/2014/01/bripka-bondhan-polisi-kudus-yang-jago.html
Comments
Loading...