Dalang Wayang : Dalang Anak Berprestasi Inspirasi

0 88

Pagelaran wayang bersama seorang dalang cilik di Dinas Kebudayaan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kali ini sebuah keistimewaan bagi para dalang muda untuk dapat menunjukkan kebolehannya di acara yang biasa digelar sebulan dua kali ini.

Blas. Aku malah nggak seneng,kalau sama Spiderman

Di usia mudanya tersebut, ia sudah sangat lugas dalam memainkan wayang. Bagaimana tidak? Sejak masih berusia 2 tahun, Eben telah dikenalkan dengan seni pertunjukan boneka Jawa ini. Memiliki orangtua yang sudah menyukai dunia wayang dan sering mendongengkan cerita-cerita tradisional menjadi alasan terbesar yang melandasi kesukaan Eben terhadap wayang, khususnya Wayang Kulit. Dari begitu banyaknya cerita wayang, Eben paling menyukai cerita Jabang Tetukoyang menceritakan tentang kelahiran satu tokoh besar dalam dunia wayang yaitu Gatotkaca.

Meskipun begitu, yang menjadi tokoh favorit Eben bukanlah Gatotkaca. Eben jatuh cinta pada tokoh Kapi Menda yang merupakan tokoh kera berkepala kambing yang ada dalam salah satu serial Ramayana. Ia menyukai tokoh ini karena wataknya yang jujur, setia dan sangat patuh.

Source Kompas kompasiana.com/elanpriananda11/5735862b6423bd7307b572f7/dalang-cilik-berprestasi-terinspirasi-tokoh-wayang-kapi-menda
Comments
Loading...