Dalang Wayang : Dalang Setan itu Masih Nomer Satu Sabet

0 173

Dalam rangka ulang tahun bhayangkara ke 62, Ditlantas Polda Metrojaya menggelar pertunjukan wayang kulit dengan Ki Dalang Manteb Sudarsono yang membawakan lakon Arjuna Wiwaha. Rangkaian ultah Bhayangkara yang jatuh pada 1 Juli tahun ini diawali dengan apel siaga yang dipusatkan di Monas dengan inspektur upacara Presiden SBY. Seperti galibnya pertunjukan wayang semalam suntuk, Ki manteb pun membuka pertunjukannya dengan adegan Limbukan.

Adegan yang menampilkan tokoh perempuan gemuk dengan sisir besar di rambutnya bernama Limbuk yang ditemani oleh ibundanya yang bernama Cangik. Saat adegan ini berlangsung, Ki Timbul memperkenalkan beberapa bintang tamu yang mendukung pergelarannya. Di antaranya Yati Pesek, Nunung Srimulat, Tukul, Tarsan, dan Marwoto. Setelah itu, Ki Manteb juga menjawab surat yang dilayangkan oleh seorang penonton yang menanyakan perihal SMP Bung Karno di Karang Pandan yang isunya milik Ki Manteb.

Dalang kondang ini pun menjawab, dirinya punya keinginan yang kini sudah terpenuhi. Keinginan tersebut adalah memajukan pendidikan, agama, dan kesenian. Dalam hal  pendidikan, Manteb mendirikan sekolah murah di daerah Karang Pandan yang bernama SMP Bung Karno. Pada Selasa malam itu, Manteb menggelar lakon Arjuna Wiwaha. Arjuna Wiwaha berarti perkawinan Arjuna. Syair epos ini ditulis oleh Mpu Kanwa yg menurut dugaan, hidup pada zaman Raja Airlangga. Raja Airlangga atau sering pula disingkat Erlangga.

Source entertainment.kompas.com entertainment.kompas.com/read/2008/07/02/22412666/dalang.setan.itu.masih.nomer.satu.dalam.sabetan
Comments
Loading...