Dalang Wayang : Dalang Wayang, Dalang Rusuh !

0 239

Bangga! rasa-rasanya inilah kata yang tepat untuk menyatakan keberhasilan wayang kulit yang diakui Unesco, sebagai salah satu warisan budaya bangsa dunia pada tanggal 7 Desember 2003, yang penghargaannya diserah terimakan di Paris 21 April 2004. Lalu apa yang bagus? lagian berita ini kan sudah usang, kawan? sudah nggak booming lagi, kalah sama kasus Gayus, misteri Century, atau jejak berdarah di Ciukesik to? Lha, justru itulah kawan, kita sering terlena dengan bermacam berita namun kadang asing dengan sesuatu yang berbau tradisional.

Boleh saja sih, engkau menganggap segala sesuatu harus yang baru, serba cepat, serba efisien, tapi apa semua manusia harus berlaku seperti itu, apakah semua barang harus serba teknologi? bagaimana dengan manusia berprinsip yang alon alon waton kelakon? agaimana pilihan orang yang lebih mengutamakan silaturahmi ketimbang tat tit tut menekan tombol dari HP? So, semua pada pilihan manusianya to? Banyak orang orang luar negeri yang justru tertarik dengan tontonan & tuntunan wayang kulit, mereka harus rela berpayah payah menunggu semalam suntuk kemudian menyimpan dan mereka ulang kajian/pesan moral yang ada di pagelaran tersebut.

Bagaimana ini bisa terjadi? kemungkinan ini ada karena banyak pustaka dari bangsa Indonesia yang justru tersimpan di negara asing (Museum Leiden-salah satunya), sehingga mereka sempat untuk membuka, lebih banyak mengkaji, termasuk seni wayang.

Source Kompas kompasiana.com/ommie/5500896e813311dd17fa7983/dalang-wayang-dalang-rusuh
Comments
Loading...