Dalang Wayang : Daniel Satryo Bagus Pinandhito, Dalang

0 207

Daniel Satryo Bagus Pinandhito (13), adalah dalang cilik yang beberapa waktu lalu berhasil membikin sensasi penonton sebagai dalang pembuka dalam ajang Festival Dalang Cilik Nasional di Magelang. Setiap hari, puluhan wayang kulit dan seperangkat gamelan menjadi kawan setia Daniel di rumahnya Dalem Purwodiningratan, Jl. Sasonomulyo No. 5, RT 02 RW 02, Baluwarti, Solo. Rumah yang sekaligus menjadi Sanggar Vidyasabda Purwodiningratan ini terletak di dalam kompleks Keraton Kasunanan Hadiningrat.

Kegemaran bocah kelahiran 9 Juni 2000 ini dengan wayang berawal ketika sering melihat pementasan wayang. Ya, Daniel panggilan akrabnya memang sering diajak oleh ayahnya, Sambudi Rahmat Megantoro (34) menyaksikan pertunjukkan wayang kulit. Selain itu, kegemarannya dengan wayang juga berasal dari faktor keturunan. Menurut silsilah keluarganya, mulai dari kakek buyut Daniel juga seorang yang menggemari dunia seni pedalangan. Meski ia keturunan dalang, namun ayahnya tidak pernah sekalipun memaksakan kehendak putranya itu untuk meneruskan profesi menjadi seorang dalang.

Keinginan Daniel terhadap dunia pedalangan muncul sejak ia berusia 10 tahun, ketika itu ia masih duduk di bangku sekolah dasar. Mulai dari situlah, Daniel menyenangi dunia pewayangan. Ia pun mulai berkeinginan membaca naskah-naskah wayang. Siswa kelas 8 SMP Negeri 5 Surakarta ini mulai berani naik panggung pada saat acara Pentas Seni dan Peringatan Hari Kartini di SD Negeri Kemasan 1. Saat itu Daniel duduk di bangku kelas 4.

Source kompasiana.com kompasiana.com/bambang_/553025bd6ea834e4368b4570/dalang-cilik-dengan-segudang-prestasi
Comments
Loading...