Dalang Wayang : Devanata Nararya Prasandha, 13

0 16

Di usianya yang baru menginjak 13 tahun, bocah ini sudah jago mendalang. Dia tiga kali pernah jadi juara mendalang. Di antaranya juara kategori iringan terbaik, kategori catur terbaik, dan kategori sabet terbaik di Museum Wayang Kota Tua Jakarta serta TMII. Selain itu, ia juga berprestasi di sekolahnya, selalu masuk peringkat lima besar di kelasnya.

Semester kemarin dapat peringkat empat

kata Devanata Nararya Prasandha, dalang cilik asal Desa Wanasaba, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, saat ditemui di Gedung Rumentang Siang, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung. Devanata adalah satu dari sejumlah peserta Festival Dalang Wayang Kulit Binojakrama Pedalangan Jawa Barat 2017 kategori dalang anak. Ia sudah belajar mendalang sejak umur dua tahun. Darah seni mengalir dari ayahnya yang juga berprofesi sebagai dalang, Purjadi. Sejak kecil, Devanata sangat suka menonton wayang. Ayahnya, Purjadi, pun mengajarinya mendalang menggunakan wayang kertas, kemudian meningkat ke wayang kulit.

Source tribunjabar.id jabar.tribunnews.com/2017/11/30/dalang-wayang-kulit-ini-usianya-baru-12-tahun-belajar-mendalang-sejak-usia-2-tahun
Comments
Loading...