wayangku.id

Dalang Wayang : Dhimas Sadam Saputro, Dalang

0 12

Dalang cilik nama Dhimas Sadam Saputro. Sosok bocah laki-laki yang mengenakan busana beskap dan blangkon itu sudah memiliki prestasi dalam bidang pewayangan. Terbukti, dirinya berhasil menyabet predikat Penyaji Terbaik I Festival Dalang Cilik Tingkat Nasional. Dalam lomba itu, dia melakonkan wayang dengan durasi 45 menit. Ketua Panitia Parade Dalang Cilik, Sarno menuturkan kegiatan ini diselenggarakan untuk menggali potensi anak terhadap seni budaya khususnya pedalangan wayang kulit. Dirinya mencatat ada tiga sanggar seni pedalangan di Kabupaten Karanganyar yakni Sarutama, Ngestibudaya, dan Bima.

Dalam parade ini dipilih kategori dalang terampil, komunikatif, wijang, cucut, dan berbakat

Ucap Sarno di sela-sela acara. Di tempat yang sama, Bupati Karanganyar Juliyatmono mengapresiasi acara tersebut. Dia beranggapan kesenian wayang kulit harus dilestarikan bahkan di kalangan anak usia dini.

Selain menampilkan keterampilan dalam hal pedalangan, acara ini bisa juga digunakan untuk melestarikan budaya daerah. Dan ternyata, antusias para pedalang cilik sangat tinggi. Terbukti ada 16 dalang cilik yang pentas di sini

Katanya. Dirinya yakin di luar area pentas ini, masih ada dalang cilik yang memiliki bakat dan keterampilan.

Source dalangbocah.com dalangbocah.com/dhimas-sadam-saputro
Comments
Loading...