Dalang Wayang : Fajar Arianto, Dalang Muda Pacitan

0 161

Dalang muda kreatif asli Pacitan Fajar Arianto menciptakan pertunjukan seni wayang inovatif yang menggabungkan berbagai jenis wayang, mulai dari wayang kulit, wayang golek, wayang suluh, selain itu dirinya juga mengakulturasikan berbagai budaya, mengemasnya dengan impressive dan kekinian serta mudah diterima masyarakat, dari segi bahasa dan hiburan. Baginya pertunjukkan wayang yang dia kreasikan ini bukan bermaksud untuk merusak tatanan wayang kulit klasik, melainkan sebagai upaya untuk memperkenalkan wayang kepada generasi muda agar seni budaya Indonesia tetap eksis dan tak tergerus modernisasi, baginya inovasi seni melalui akulturasi budaya tidak serta merta merusak root budaya yang ada, baginya seni budaya harus selalu berinovasi agar tidak mati.

Dalam pertunjukannya di Puncak Suroloyo Tegalombo Pacitan, masyarakat sangat antusisas, wakil bupati Pacitan yudhi sumbogo juga mengapresiasi putra daerah tersebut, berkat kreatifitasnya nama Pacitan harum di berbagai penjuru negeri mulai dari Pekan Baru, hingga Kalimantan. Bersama dalang asal kecamatan tulakan itu dipertunjukkan pula kolaborasi kesenian islami, keroncong osing, campursari dan dangdut. terlihat ibu istri wakil bupati juga menyumbangkan 2 buah lagu dan diiringi sorak warga kasian tegalombo yang sangat “gayeng”.

Source facebook.com facebook.com/visitpacitan/videos/dalang-muda-kreatif-asli-pacitan-fajar-arianto-menciptakan-pertunjukan-seni-waya/1117385571699404
Comments
Loading...