Dalang Wayang : Fakih Trisera Fil Ardi, Dalang Bocah

0 201

Lahir di Jakarta, 9 April 2001, putra Bapak Kabul handoko dan Ibu Wahyuning Dyah. Alamat : Jl. Bintara 14 RT 01 RW 04 No. 66 Bintara, Bekasi Barat, Telp. 021-8896 0773. Saat ini siswa kelas IVB di SD Negeri Pondok Kopi 08, Jakarta Timur. Belajar mendalang di Sanggar Saeko Budoyo Jakarta Timur Pimpinan Bapak Drs. Toto Sumarwoto dan Pelatih Bapak H. Margono. Pengalaman pentas : Pentas pada HUT TMII, Pentas di Museum Wayang Jakarta Kota, Pentas pada  Hari Anak Nasional di TMII, Gelar Dalang Cilik Nusantara III di Solo, Pentas di Anjungan Daerah Jawa Tengah TMII tahun 2011 serta Temu Dalang Cilik Nusantara IV di Solo.

Manusia boleh berencana namun Tuhan yang menentukan. Hal itu terbukti, pada saat Prabu Jarasanda dari Kerajaan Giribajra akan mengadakan sesaji kala rodra yang mensyaratkan tumbal 100 raja, rencana tersebut gagal total. Hamsa dan Jimbaka, dua raja andalan Prabu Jarasanda gugur di tangan Baladewa, sementara 97 raja yang dipenjarakan Prabu Jarasanda berhasil dibebaskan oleh Pandawa dan secara sukarela bergabung dengan tiga raja untuk mendukung terlaksananya sesaji raja suya yang akan digelar oleh Puntadewa.

Adapun Prabu Jarasanda pada akhirnya gugur di tangan Bima. Faqih Trisera Fil Ardi mendapat sambutan meriah dari para pengunjung Festival Dalang Bocah VI, 2015 setelah membawakan lakon Sesaji Raja Suya. Sabetan Faqih terlihat mantap. Beberapa atraksi putar.

Source dalangbocah.com dalangbocah.com/faqih-trisera-fil-ardi-orang-indonesia-harus-berbudaya
Comments
Loading...