Dalang Wayang : Gunarto, Dalang Duta Budaya Eropa

0 137

Ki Dalang Gunarto Talijendro dikenal masyarakat luas. Bahkan saat Pepadi Pusat mengadakan seleksi untuk memilih salah satu dalang yang layak sebagai Dalang Duta Budaya Indonesia untuk Eropa tahun 2009 ia pun mengikutinya dan mampu menyisihkan peserta lain.

Waktu itu saya hanya berfikir kalau orang luar negeri menonton wayang, masalah bahasa Jawa mereka tidak tahu. Oleh karenanya dalam mempersiapkan pentasnya di Eropa hanya mengandalkan kemampuan di bidang sabet

ujar dalang yang menyukai gaya sabetan Ki Mantep Sudarsono dari Solo ini. Dari keseriusaannya belajar sabet, maka dalam setiap pementasannya ia warnai dengan berbagai adegan perang dengan aneka kembangan dan adegan salto. Dari ketrampilannya itu bahkan ada yang memberikan predikat kepada Ki Gunarto adalah ‘Dalang 50 Salto’.

Ternyata kalau saya pentas, ada penonton yang menghitung berapa kali adegan saltonya dalam semalam. Mereka menghitung, dan tanpa saya sadari dalam semalam ternyata lebih 50 adegan salto

paparnya. Sebagai Dalang Duta Budaya Indonesia untuk Eropa yang diselenggarakan di Hongaria ia pun mempersiapkan dengan sebaik mungkin. Dalam festival tersebut peserta diberi kesempatan empat kali pentas dengan masing masing durasi 60 menit. Ketrampilan Ki Gunarto dalam memainkan wayang, menjadikan penonton terkesima. Pentas Ki Gunarto ternyata ditonton oleh sejumlah duta besar dunia termasuk dari India. Duta besar dari India menanyakan tentang cerita Ramayana.

Source selarasindo.com selarasindo.com/?p=5507
Comments
Loading...