Dalang Wayang : Gunarto, Dalang Masih Sebatas Hobi

0 9

Dalang bagi Ki Gunarto masih sebatas hobi. Hal ini dilatari keinginannya untuk menanamkan rasa cinta terhadap seni budaya sendiri yakni wayang kepada generasi muda. Meski mereka tidak menjadi dalang, tapi kalau senang terhadap seni pedalangan minimal mereka jadi tahu baik dan buruknya perilaku tokoh wayang yang bisa jadi pelajaran hidup. Dengan begitu dalam melakukan sesuatu, mereka akan mempertimbangkan terlebih dulu segala resiko yang akan dihadapi.

Ia juga merasa bangga dengan semakin banyaknya anak muda yang tertarik pada seni pedalangan. Hal ini bisa dilihat bahwa di desa-desa banyak muncul dalang-dalang muda. Menurut data bahwa di kabupaten Gunung Kidul saat ini terdapat 130 dalang dan semuanya laku. Dan kemunculan dalang muda ini juga merupakan hasil dari peran serta pemerintah didalam memfasilitasi anak muda yang tertarik pada seni pedalangan. Salah satunya dengan memberikan kesempatan untuk pentas.

Misalnya pada perayaan hari besar nasional atau acara lainnya seperti pada acara Bersih Desa sepertti yang dilaksanakan oleh masyarakat Dusun Ngawu kecamatan Playen Gunung Kidul Minggu Malam 30 Juli 2017, yang mementaskan dalang dua dalang yakni dalang bocah (Betran) dan dalang kondang Ki Gunarto Guntotalijendro. Ketika ditanyakan bagaimana solusi melestarikan seni pedalangan ditengah pertumbuhan penduduk yang demikian pesat yang berdampak pada semakin sempitnya halaman rumah, teknologi merupakan peluang untuk sosialisasi.

Source selarasindo.com selarasindo.com/?p=5507
Comments
Loading...