Dalang Wayang : Gymna Cahyo Nugroho, Dalang Anak

0 154

Gymna Cahyo Nugroho. Bocah asli Padukuhan Mulyosari, Baleharjo, Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta ini sangat piawai memainkan wayang kulit yang membuatnya digelari dalang cilik. Berkat kepiawaiannya itu, dia kerap diundang untuk mendalang di berbagai kota di Indonesia. Bahkan belum lama ini, bocah berusia 11 tahun ini berhasil tampil di Amerika Serikat. Top banget! Sejak kecil Gymna memang sudah tertarik dengan kesenian Jawa tersebut. Dari usia satu tahun dirinya sudah terbiasa ikut ayahnya menonton pertunjukan wayang.

Dulu kalau dia nangis, saya tinggal putarkan CD wayang. Setelah itu dia langsung diam

kata Teguh, ayah Gymna. Pada waktu itu Gymna berusia 3,5 Tahun, belum diterima masuk sanggar karena masih sangat kecil, namun Gymna terus saja bermain wayang sendiri. Setelah umur 5 tahun, akhirnya Gymna belajar di Sanggar Pengalasan Wiladeg Karangmojo. Hebatnya, baru belajar satu bulan Gymna sudah ditampilkan sebagai peserta Eksibisi pada Festival Dalang Anak di Pendopo Pemda Gunungkidul. Sejak saat itulah sang ayah menyadari betul bakal Gymna dalam bercerita.

Karena selain pandai mendalang Gymna juga sering menjuarai lomba pidato, lomba mendongeng dan lomba bercerita di tingkat nasional. Ayahnya pun berinisiatif untuk mengunggah video Gymna saat mendalang di YouTube pada akhir tahun 2014 lalu. Tak disangka video itulah yang membawa Gymna berhasil pentas di Amerika.

Nah, sekitar bulan Februari

Source Brilio brilio.net/life/cerita-gymna-cahyo-nugroho-dalang-cilik-jogja-sukses-goyang-amerika-1511093.html
Comments
Loading...