Dalang Wayang : Hendri Sukoco, Dalang Muda Jawa

0 242

Nama                  : Hendri Sukoco
Pendidikan          : 30 tahun
Umur                   : lulusan SMK
Nama Orang Tua : Hadi Susanto
Sanggar               : —
Gagrak                : Yogyakarta
Lakon                  : Babad Alas Mertani

Sinopsis Babad Alas Mertani

Setelah prahara di negeri Wiratha berhasil di padamkan prabu Matswapati / Mangsahpati menghadiahi hutan mertani kepada cucunya para Pandhawa untuk di jadikan perdikan atau desa. Mendengar berita tersebut para kurawa sangat senang, karena mereka tau hutan mertani sangat angker. Pastilah nanti nya para Pandhawa akan tewas jika memasuki hutan tersebut, begitu menurut pendapat kurawa. Hutan mertani memang sangat angker, banyak yang tak pernah kembali jika orang berani masuk hutan tersebut.

Atau di temukan tinggal tulang belulang di pinggiran hutan mertani. Tapi prabu Matswapati percaya bahwa cucu-cucu nya akan tetap aman. Ada yang menyebutkan alas / hutan itu wisamarta, dalam bahasa jawa: wisa = bisa dan marta = hutan Amarta. Diartikan: hutan yang penuh binatang berbisa dan buas juga merupakan kerajaan siluman. Dengan penuh keyakinan disertai doa para Pandhawa memasuki hutan mertani untuk segera babad alas / menebang hutan.

Mau bagaimana lagi karena mereka sudah tak punya pemerintah setelah di tipu daya oleh kurawa. Apalagi Bima / Bratasena yang di kenal sangat menghormati wanita sangat tidak tega melihat ibu nya dewi KUNTHI dan kakak ipar nya dewi Drupadi harus hidup amat terlunta- lunta.

Source Festival Dalang Bocah dalangbocah.com/data-peserta-festival-dalangmuda-2016
Comments
Loading...