Dalang Wayang : I Dewa Ketut Wicaksandita, Muda

0 213
I Dewa Ketut Wicaksandita dalang muda dengan berbagai prestasi, sejak masih kecil tampil berbagai kompetisi mendalang sudah tidak terhitung lagi jumlah prestasinya salah satu diantaranya yang paling berkesan menjadi 5 besar dalang Cilik Nasional yang diselenggarakan oleh Senawangi dan Pepadi pusat di Jakarta, sebagai duta Provinsi Bali & peserta dalam Festival Dalang Remaja Nasional rentang th 2010 duta Provinsi Bali. Kiprah mendalangnya bermula dari tahun 2006 ketika Klungkung membutuhkan dalang cilik.
Kebetulan ayahnya I Dewa Ketut Wicaksana mendengar info tersebut dari Disbudpar. Maka disarankanlah ia untuk mencoba ngewayang. Pada saat itu ia kelas 5 SD berkompetisi dengan anak lainya. Padahal pada masa itu, ia lebih suka mengarah melukis, pramuka dan paskibra. Bergutat pada kegemarannya itu, ayahnya mengawali mengarahkan bakatnya mendalang. Namanya anak-anak saat itu iming-imingin ‘kalo ngewayang bisa beli mainan’. Ia terbawa rayuan dan pada akhinya terbujuk melakoni.
Dalang yang berperan besar atas pijakan awal sosoknya dalam ngewayang adalah Mangku Made Lamu. Selain itu, putranya yang kala itu kuliah pedalangan di ISI Denpasar bernama I Wayan Mulyana mendukung secaca teknis kemampuan dalam bermain wayang. Sejak kiprah pertama tahun 2006 di PKB, ternyata membuat nama dan popularitas muncul, ditanggaplah ia untuk mementaskan “wayang lemah” di berbagai tempat. Sampai beberapa event pentas wayang formal (lomba-festival) maupun informal (ngayah).
Source waklaba.blogspot.co.id waklaba.blogspot.co.id/2017/10/mendalang-menjaga-marwah-leluhur.html
Comments
Loading...