Dalang Wayang : I Made Sidia, Dalang Wayang Asal Bali

0 190

Dalang asal Bali, I Made Sidia, yang menyuguhkan wayang inovasi berjudul ‘Asta Brata’ dengan menyelipkan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang membuat penonton asing lebih mengerti. Selain itu mampu mendesiminasi filosofi yang terkandung dalam wayang kepada para penonton, khususnya penonton asing untuk semakin mengokohkan hegemoni budaya global. Hal senada juga menjadi dasar digelarnya Festival Wayang Internasional untuk menyemarakkan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-30 yang digelar selama sebulan penuh, 14 Juni-12 Juli 2008.

Kegiatan bertaraf internasional itu diharapkan mampu meningkatkan citra Bali di mancanegara sekaligus menyukseskan tahun kunjungan wisata (Visite Indonesian Year) 2008. Disini terlihat jelas bagaimana hubungan antara bahasa dengan kebudayaan dan hubungan bahasa dengan pariwiata. Salah satunya penampilan dalang asal Bali, I Made Sidia, yang tergabung dalam Sanggar Paripurna, Bona, Gianyar-Bali. Made Sidia menyuguhkan wayang inovasi berjudul ‘Asta Brata’ yaitu delapan landasan berpijak yang harus dilakukan oleh seorang pemimpin.

Dalam kisah Asta Brata juga menampilkan perjalanan seorang tualen (punakawan) dan seorang anaknya. Tualen dan Mredah inilah yang lebih banyak menggunakan bahasa Inggris, guna memberikan gambaran terhadap cerita yang ingin ditampilkan. Berdasarkan uraian di atas, dalam tulisan ini mengkaji Bahasa Inggris yang digunakan Dalang I Made Sidia dalam wayang inovasi berjudul ‘Asta Brata’, yang ditampilkan saat Festival Wayang Internasional Pada PKB ke 30

Source blog.isi-dps.ac.id blog.isi-dps.ac.id/liasusanthi/hello-world
Comments
Loading...