Dalang Wayang : Jenis Makanan yang Manteb Suka

0 233

Ada jenis makanan atau lauk yang Manteb sukai yaitu, jeroan, sayur bening bayam yang setiap harinya wajib disediakan. Selain itu ada sambal terasi mentah dan ikan asin. Beginilah kebiasaan Ki Manteb sehar-harinya secara rutin apabila sedang tidak ada pentas mendalangKebiasaan sehari-hari Ki Manteb selain hal yang telah diuraikan di atas yaitu merokok. Setiap harinya Ki Manteb bisa menghabiskan 2 bungkus rokok sehingga Ki Manteb bisa dikatakan sebagai seorang perokok.

Dalam hal merokok, Ki Manteb selain membeli rokok dari berbagai merek, kadang tingwe atau nglinting dewe. Rokok yang setiap harinya ada antara lain Marlbor, Dunhill, dan Dji Sam Soe warna hitam. Apabila Ki Manteb mau pentas mendalang yang harus disiapkan selain prasarana dan sarana untuk mendalang, sang isteri wajib menyiapkan gula, teh, kopi dan air panas dalam termos, yang harus dibawa sebagai bekal dalam perjalanan. Di katakan oleh Ki Manteb bahwa hingga saat ini yang namanya minuman beralkohol belum pernah dan tidak akan pernah menjamahnya.

Baginya minum alkohol adalah suatu pantangan yang harus tetap dihindari. Seperti diketahui bahwa Ki Manteb ini adalah seorang dalang yang cukup terkenal sehingga banyak dikelilingi para penggemarnya baik pria maupun wanita. Oleh karenanya kadangkala sang isteri merasa terabaikan Namun bagi Suwarti hal ini tidak menjadi masalah.

Source ia800206.us.archive.org ia800206.us.archive.org/1/items/KiMantebSoedharsonoLR/Ki%20Manteb%20Soedharsono_LR.pdf
Comments
Loading...