Dalang Wayang : Ki Bartholomeus Suranto, Dalang

0 33

Ki Bartholomeus Suranto adalah seorang seniman dalang dengan latar belakang keluarga seni. Ayahnya, Adi Sucipto, berprofesi sebagai dalang dan ibunya, Seniyem, berprofesi sebagai waranggana. Adiknya yang bernama Nuryanto juga menekuni bidang seni pedalangan. Selain mendalang, dia juga dapat membuat wayang, yang dikerjakannya untuk koleksi pribadi dan pesanan khusus. Sejak duduk di kelas dua SMP, pria kelahiran Kulon Progo, 8 Mei 1967 ini, sudah mulai aktif mendalang.

Sesudah itu, ia menempuh pendidikan khusus seni pedalangan di SMKI jurusan pedalangan. Dengan demikian, pengetahuan dan keahlian yang dimilikinya tidak hanya berasal dari bakat seni yang diwariskan orang tuanya namun juga melalui jalur pendidikan formal. Namun demikian, ada dua tokoh yang memiliki peran penting yang mewariskan pengetahuan seni pedalangan, yakni Widi Prayitno dan ayahnya sendiri. Selain itu, ia juga pernah bekerja sama dengan Pak Otok memproduksi sebuah kaset seni karawitan.

Ki Suranto pernah berpentas di berbagai kota, termasuk di RRI Jakarta diadakan oleh Dinas Kehutanan (1990) dan di Singapura dalam rangka Dies Natalis Universitas Lasalee (1996). Ia pernah meraih berbagai penghargaan, antara lain: Juara Pertama Lomba Goro-Goro Kamtibnas se-Kulon Progo (1987) dan Juara Pertama Lomba Goro-Goro Kamtibmas dalam rangka Hari Bhayangkara (1988). Tahun 1994 dinobatkan sebagai Pemuda Pelopor oleh Bupati Kulon Progo.

Source Gudeg gudeg.net/direktori/996/bartholomeus-suranto.html
Comments
Loading...