Dalang Wayang : Ki Dalang Warsina Gunasukasna

0 37

Ki Warsina Gunasukasna, seorang dalang dari Baturetno, Kabupaten Wonogiri, yang terkenal sebagai dhalang kethèk. Ia dikenal sebagai dhalang kethèk karena keterampilannya memainkan figur-figur wayang kera. Di tangan Ki Warsina, tiga sampai lima figur wayang kera dapat tampil bersamaan. Bermula dari sering menyaksikan pergelarannya, kemudian Ki Manteb Soedharsono memberanikan diri masuk ke dalam panggung dan menawarkan diri sebagai pengendhangnya.

Alhamdulillah tawaran Ki Manteb Soedharsono diterima oleh Ki Warsina. Setiap Ki Warsina menampilkan figur wayang selalu Ki Manteb Soedharsono amati bagaimana teknik cepengannya. Dari Ki Warsina, Ki Manteb Soedharsono mendapatkan pengalaman dalam hal teknik kecepatan tokoh wayang mengambil gada yang tidak terlihat oleh penonton, teknik perang buta babrah, dan keterampilan menggerakkan tokoh-tokoh kera seperti Anoman menggendong gunungan, beberapa tokoh kera bertumpukan kemudian berjalan bersama-sama.

Perlu diketahui bahwa jarak dari Mojolaban ke Baturetno adalah sekitar 70 km, dan saat itu Ki Manteb Soedharsono tempuh dengan naik sepeda ontel, bahkan kadang-kadang berjalan kaki menyusuri rel kereta api Sala Baturetno. Tingkat kesulitan mobilitas yang cukup tinggi itu membutuhkan semangat juang dan ketahanan fisik yang memadai. Proses-proses seperti inilah yang turut membentuk ketahanan tubuh Ki Manteb Soedharsono sampai sekarang, sehingga Ki Manteb Soedharsono mampu mendalang selama dua berpuluh-puluh malam secara berturutturut. Untuk diketahui bahwa pada tahun 1992, pernah.

Source Doc docplayer.info/56814222-Ki-manteb-soedharsono-pemikiran-dan-karya-pedalangannya.html
Comments
Loading...