Dalang Wayang : Ki Enthus Susmono, Dalang Terkenal

0 256

Sebelum dilantik sebagai Bupati Tegal oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo periode 2014-2019, Ki Enthus Susmono telah lebih dulu dikenal sebagai Dalang. Lahir di lingkungan keluarga dalang, ia sudah berkiprah di dunia pedalangan sejak 1986 hingga sekarang. Sejumlah karya kreatif wayang, pameran dan berbagai penghargaan pun sudah pernah diraihnya. Pria kelahiran Tegal, 21 Juni 1966 ini pada 2005 pernah menerima gelar Doktor Honoris Causa di bidang seni-budaya dari International Universitas Missouri, AS dan Laguna College of Business and Arts, Calamba, Filipina.

Selain berbagai penghargaan itu sejumlah karyanya disebut juga tersimpan dalam museum di luar negeri, antara lain di Tropen Museum Belanda, Museum Wayang Walter Angst Jerman dan di Museum of International Folk Arts (MOIFA) New Mexico.  Calon petahana dalam pilkada Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, tersebut meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soeselo, Slawi, Senin sekitar pukul 19:10 WIB. Penyebab meninggalnya belum diketahui, kendati demikian diduga Ki Enthus Susmono meninggal karena mengidap gula darah.

Kepala Sub Bagian Pemberitaan dan Dokumentasi Kabupaten Tegal, Hari Nugroho mengatakan bahwa Bupati Tegal Ki Enthus yang sedang menjalani masa cuti untuk mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 itu meninggal pada usia 52 tahun.

Source cnnindonesia.com cnnindonesia.com/hiburan/20180514222342-241-298201/ki-enthus-susmono-dari-dalang-terkenal-hingga-bupati-tegal
Comments
Loading...