Dalang Wayang : Ki Hartanto Guna Carito dari Blora Kota

0 162
Ki Hartanto, mewarnai acara ‘gas deso’ di Sumurboto. Pagelaran wayang kulit yang dimulai pukul 22.00 itu berhasil menyita perhatian banyak penonton. Alunan musik gamelan dari pengrawit, menandakan pagelaran wayang kulit semalam suntuk dimulai. Dengan ‘gaya kreasi baru’nya Ki Hartanto memainkan wayang kulit. Sontak para penonton diam dan memperhatikan kepiawaiannya dalam memerankan wayang kulit yang digelar di halaman rumah kepala desa setempat.
Tepat pukul 23.30 Ki Hartanto memulai sesi limbukan, yang ditandai dengan keluarnya Cangik dan Limbuk. Keempat pesindhen Ki Hartanto membawakan lagu–lagu yang klasik, namun telah diaransemen oleh Ki Hartanto dan tim pengrawit sehingga menimbulkan kesan modern seperti musik masa kini. Masing–masing pesindhen menembangkan lagu dengan berdiri. Lemah gemulai tarian pesindhen dan suara merdu darinya serta diiringi gamelan menambah makin meriahnya acara sedekah bumi.
Tak sedikit penonton ikut berjoget di sela antara panggung pengrawit dan penonton. Tidak hanya itu saja, banyak penonton yang duduk di tempat yang disediakan ikut berjoget tipis–tipis dengan menggeleng dan menganggukkan kepala mereka serta bertepuk seirama dengan musik gamelan. Seusai sesi limbukan, dalang yang berasal dari Kelurahan Beran tersebut melanjutkan lakon yang ia bawakan. Dalam melanjutkan lakon, dalang tersebut dapat dikatakan melenceng dari pementasan wayang kulit yang sebenarnya. Sebab dalam memainkan tokoh wayang, ia mbanyol.
Source bloraupdates.com bloraupdates.com/2018/04/gaya-kreasi-baru-ki-hartanto-mewarnai.html
Comments
Loading...