Dalang Wayang : Ki Manteb, Mendapat Undangan

0 321

Suatu hari Ki Manteb mendapat undangan untuk mendalang pada peringatan 40 hari meninggalnya dalang Ki Sugino Siswocarito di Banyumas. Namun undangan itu ditolaknya dan Manteb bersedia memenuhi undangan itu pada saat peringatan 100 hari meninggal Ki Sugino. Janji Ki Manteb pun ditepati, pada saat peringatan 100 hari meninggalnya Ki Sugino, tepatnya tanggal 4 Mei 2013 Ki Manteb mendalang di Banyumas, di tempat tinggal Ki Sugino.

Pada saat selesai pentas Manteb diberi honor oleh isteri Ki Sugino, tetapi tidak diterima dan diberikan kembali kepada isteri Ki Sugino tersebut, dengan alasan uang itu untuk membayar para penabuh dan keperluan lain. Pada tanggal 8 Mei 2013 Manteb mendalang di Jepara dan mengajak Nyi Suwarti (janda Ki Sugino). Perlu diketahui bahwa Suwarti adalah seorang seniwati (sinden) yang juga berasal dari daerah yang sama dengan dalang Sugino. Bersama dalang Sugino, Nyi Suwarti selama 25 tahun 3 bulan hidup bahagia mengarungi bahtera rumah tangganya.

Namun tidak disangka bahwa Suwarti bersama suaminya hanya hidup bersama hingga tahun 2013. Ki dalang jatuh sakit dan akhirnya meninggal dunia. Selama bersama dalang Sugino Suwarti tidak dikaruniai seorang putrapun. Bisa disebutkan bahwa awal mula bertemunya dua insan yang ber profesi sebagai seniman dan seniwati itu pada selamatan 100 hari meninggalnya dalang Ki Sugino. Suwarti waktu itu sudah tak bersuami, Manteb duda.

Source ia800206.us.archive.org ia800206.us.archive.org/1/items/KiMantebSoedharsonoLR/Ki%20Manteb%20Soedharsono_LR.pdf
Comments
Loading...