Dalang Wayang : Ki Manteb Soedharsono, Belajar

0 14

Ki Manteb Soedharsono lahir pada hari Selasa Legi, tanggal 31 Agustus 1948 di Dusun Jatimalang, Desa Palur, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo. Ki Manteb Soedharsono merupakan anak pertama dari tujuh bersaudara. Ayah Ki Manteb Soedharsono bernama Ki Brahim Hardjowiyono dan ibu Ki Manteb Soedharsono bernama Darti. Ayah Ki Manteb Soedharsono adalah seorang dalang yang terampil dalam menggerakkan boneka wayang kulit, sedangkan ibu Ki Manteb Soedharsono adalah seorang dalang sekaligus pengrawit yang terampil memainkan ricikan gendèr.

Kakek Ki Manteb Soedharsono dari ayah yang bernama Ki Djarot Hardjowiguno, dan kakek Ki Manteb Soedharsono dari ibu yang bernama Ki Gunawan Gunowihardjo juga seorang dalang. Oleh karena itu, tidak mustahil apabila sejak lahir Ki Manteb Soedharsono telah mengenal dunia pedalangan, karena Ki Manteb Soedharsono dilahirkan, hidup, dan dibesarkan di lingkungan keluarga dalang. Ki Manteb Soedharsono belajar mendalang secara autodidak kepada kedua orang tua Ki Manteb Soedharsono.

Sebagai anak pertama, Ki Manteb Soedharsono memang diharapkan kelak menjadi dalang. Oleh karena itu berbeda dengan anak-anak dalang pada umumnya yang belajar mendalangnya kepada orang lain, atau ngèngèr kepada dalang lain, Ki Manteb Soedharsono justru dilatih sendiri oleh ayah dan ibu Ki Manteb Soedharsono. Sejak kecil Ki Manteb Soedharsono dilatih secara khusus oleh ayah tentang bagaimana cara memegang figur-figur wayang benar.

Source docplayer.info docplayer.info/56814222-Ki-manteb-soedharsono-pemikiran-dan-karya-pedalangannya.html
Comments
Loading...