Dalang Wayang : Ki Manteb Soedharsono, Jawa Tengah

0 109
Ki Manteb Soedharsono lahir pada hari Selasa Legi, 31 Agustus 1948 di Dukuh Jatimalang, Kelurahan Palur, Kecamantan Mojolaban, Sukoharjo, Jawa Tengah. Ki Manteb dibesarkan di tengah keluarga dalang. Kakeknya (Dalang Tus) adalah seorang dalang kondang, dan ayahnya, Ki Hardjo Brahim Hardjowijoyo juga seorang dalang yang pada masa kejayaannya cukup disegani, sedangkan ibunya adalah pesinden dan pengrawit yang berpengalaman.
Sejak kecil Ki Manteb Soedharsono sangat rajin dan tekun mengikuti pementasan orang tuanya. Pengalaman masa kecilnya yang begitu akrab dengan seluk-beluk dunia pewayangan telah membentuk pribadi Ki Manteb kaya akan memori dunia pertunjukan wayang kulit. Kedisiplinan sang ayah dalam mendidiknya, menjadikan kemampuan dan keterampilan Ki Manteb kecil terus berkembang. Pada saat berusia 5 tahun, ia sudah dapat memainkan wayang dan manabuh beberapa instrumen gamelan seperti demung, bonang dan kendang.
Menatah wayangpun diajarkan oleh Ki Hardjo Brahim kepadanya. Tak heran, saat usianya menginjak 10 tahun, Ki Manteb sudah mampu menatah wayang kulit dengan bagus. Sementara sang ibu yang juga seorang seniman, penabuh gamelan, lebih suka jika putranya itu memiliki pekerjaan sampingan selain menjadi dalang. Oleh karena itu, ia pun memasukan Ki Manteb ke STM Manahan, Sala. Namun nasib berkata lain, karena bakat dan kemampuannya telah terasah sejak kecil, Ki Manteb laris sebagai dalang. Kesibukannya mendalang membuat terbengkalai.
Source infobimo.blogspot.com infobimo.blogspot.com/2011/10/biografi-dalang-ki-manteb-sudarsono-h.html
Comments
Loading...