Dalang Wayang : Ki Manteb Soedharsono, Melekat

0 110

Nama dalang Ki Manteb Soedharsono telah melekat dalam balutan dinamika jagat pedalangan Indonesia hingga sekarang. Bahkan sosok Ki Manteb terbukti menjadi salah satu dalang yang mampu menyulam masa silam dan merajut masa depan kehidupan wayang Indonesia. Eksistensi ini dibarengi dengan usaha Ki Manteb menghadirkan gelaran wayang kreatif-inovatif dalam bingkai estetika baru, sehingga jatidiri pakelirannya responsif dan adaftif terhadap fenomena perubahan zaman.

Dalam alur historis jagat pedalangan Indonesia, Ki Manteb Soedharsono pantas didudukkan sebagai tokoh pembaharu. Di sini, Ki Manteb dikatakan sebagai dalang kondang yang berhasil membuat fenomena baru dengan mengeksploitasi gerak wayang. Tradisi pedalangan yang semula sangat fenomenal di bidang catur, telah diubah dengan bidang sabet wayang. Semenjak munculnya Ki Manteb, fenomena sabet menggejala di kalangan dalang-dalang muda yang menggantikan trend catur wayang.

Karena piawai dalam bidang sabet wayang, Ki Manteb mendapatkan gelar dalang setan dari tokoh sesepuh pewayangan dan mantan Menteri Penerangan RI, Boedihardjo. Corak estetika baru pada pakeliran Ki Manteb Soedharsono juga ditunjukkan pada garapan lakon, catur, sulukan, dan gending. Pada garap lakon, Ki Manteb mengacu pada garapan pakeliran padat hasil kreativitas dari ASKI Surakarta, dengan kecenderungan menghadirkan adegan-adegan yang secara signifikan membentuk alur lakon, sehingga tidak terjadi pengulangan dan penampilan adegan yang tidak penting. Pada sajian catur.

Source docplayer.info docplayer.info/56814222-Ki-manteb-soedharsono-pemikiran-dan-karya-pedalangannya.html
Comments
Loading...