Dalang Wayang : Ki Manteb Soedharsono, Populer

0 8

Oleh karena popularitas dan legalitasnya, maka tidak aneh jika banyak media massa baik lokal maupun nasional yang merilis kiprah Ki Manteb Soedharsono di jagat pedalangan. Bahkan riwayat hidup Ki Manteb pun telah ditulis oleh Agus Komar Abbas dan Seno Subro dalam buku berjudul Ki Manteb Dalang Setan : Sebuah Tantangan (1995). Selain itu beberapa testimoni para pakar pedalangan, pengamat wayang, dan seniman dalang mengenai pakeliran Ki Manteb juga telah dibukukan oleh Won Poerwono dan kawan-kawan dengan judul Profil Pakeliran Ki Manteb Soedharsono Menjadikan Wayang Enak Dipandang (2000).

Dan, yang tak kalah penting, wacana pakeliran Ki Manteb telah terdokumentasi dalam beberapa tulisan ilmiah dalam bentuk laporan penelitian, skripsi, tesis, dan disertasi yang telah mewarnai perpustakaan di berbagai perguruan tinggi terutama perguruan tinggi seni. Namun demikian, masih terdapat celah-celah tentang Ki Manteb Soedharsono dengan dunia pedalangannya yang belum pernah ditulis dalam berbagai media, baik dalam bentuk tulisan ilmiah maupun populer. Nah, pada kesempatan ini Sugeng Nugroho mencoba menyajikan tulisan tentang Ki Manteb Soedharsono dalam perspektif holistik.

Ia menggandeng Ki Manteb Soedharsono sendiri dan Bambang Murtiyoso, seorang kritikus pedalangan, untuk menyusun sebuah buku bunga rampai. Dalam buku yang berjudul Ki Manteb Soedharsono: Pemikiran dan Karya Pedalangannya ini, Ki Manteb Soedharsono dikaji dari tiga aspek: aspek genetik.

Source Doc docplayer.info/56814222-Ki-manteb-soedharsono-pemikiran-dan-karya-pedalangannya.html
Comments
Loading...