Dalang Wayang : Ki Manteb Soedharsono, Sekolah

0 194

Di sekolah tehnik Beton 4 ini Manteb merasa kerasan karena tidak ada per kelahian antar pelajar. Namun demikian ada mata pelajaran yang tidak disukai oleh Manteb yaitu pelajaran praktek, dikarenakan saat pelajaran itu Manteb sering mengantuk. Hal ini disebabkan karena, pada waktu itu Manteb sudah sering mendalang sehingga semalaman tidak tidur, akibatnya Manteb selalu mengantuk bila di sekolah. Oleh karena itu jika Manteb habis mendalang dan pagi harinya mengantuk biasanya Manteb akan pulang lebih awal dan berpesan kepada salah seorang temannya yang bernama Harno.

Har, jika nanti mengantuk aku akan pulang. Dan jangan bilang sama Pak Guru lho!

Harno pun menyanggupi, dengan syarat Manteb harus mentraktirnya.  Pernah suatu kali Manteb mengantuk dan tertidur di dalam kelas. Ketika bangun Manteb terkejut karena kelas sudah kosong semua temannya sudah pulang, karena waktu sudah menunjukkan pukul 14.30. Keesokan harinya ia ditanya Pak Guru:

Kamu kemarin tertidur. Lalu semalam apa yang kau kerjakan?

Manteb menjawab dengan terus terang.

Saya mendalang bersama Bapak. Saya ikut mengendang Pak Guru

“Apa tidak ada orang lain selain kamu yang mengendang ?”

Tidak ada Pak

jawab Manteb jujur. Mendengar jawaban tersebut gurunya tertawa. Begitulah Manteb menjawab apa adanya. Sehingga banyak guru yang akhirnya memaklumi pekerjaan Manteb itu. Bahkan terkadang Pak Guru menyuruh.

Source ia600206.us.archive.org ia600206.us.archive.org/1/items/KiMantebSoedharsonoLR/Ki%20Manteb%20Soedharsono_LR.pdf
Comments
Loading...