Dalang Wayang : Ki Mas Ngabehi Warsino Guno Sukasno

0 295

Ki Mas Ngabehi Warsino Guno Sukasno (85). Dalang senior itu seakan menunggu kedatangan Kompas. Ketika kami datang, dia sedang duduk di pendapa samping rumah sambil nglaras (bersantai) mendengarkan gending Jawa dari radio transistor sambil melayangkan pandangan ke halaman. Kami disambut di halaman lalu diajak masuk ke ruang tamu rumah di Dusun Kedung Gebang, Kelurahan Talunamba, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, itu. Warsino banyak disebut sebagai salah satu guru bagi dalang kondang gaya Surakarta. Sebut saja “dalang setan”-karena sabetannya yang luar biasa-Ki Manteb Soedarsono, atau Ki Anom Suroto. Bagi dia pribadi, istilah menjadi guru para dalang tersebut kurang tepat.

Saya hanya kadang-kadang mendampingi mereka atau sekadar berdiskusi

Ujarnya.

Anom Suroto semasa mudanya sering kemari

Katanya.

Saya mulai mendalang tahun1938 di desa-desa. Tahun 1941 saya belajar mendalang di Mangkunegaran semasa Mangkunegara VII dan Mangkunegara VIII

Ujar dia membuka cerita.

Guru saya di Mangkunegaran adalah Ki Mangundiwiryo, abdi dalem Mangkunegaran

Tutur Warsino yang suka memainkan lakon Ramayana itu. Guru pertamanya adalah Ki Bagong Natacarita dari Kartasura.

Saya mengikuti beliau ke mana-mana bila beliau mendalang

Ujarnya.

Lupa kapan tepatnya, pada akhir 1960-an dia merantau ke Medan dan baru kembali ke Kedung Gebang tahun 1980 sambil membawa seperangkat gamelan yang sekarang selalu dibawanya mendalang. Takdir. Mendalang bagi Warsino takdir.

Source wayang.wordpress.com wayang.wordpress.com/2010/03/06/ki-warsino-empu-dalang-pengagum-anoman/#more-1289
Comments
Loading...