Dalang Wayang : Ki R. Noer Iman Priyatna Kamadjaja WP

0 220

Ki R. Noer Iman Priyatna Kamadjaja WP lahir di Sukabumi pada 21 September 1930. Ia beragama Islam. Pendidikannya sampai S.G.A. Kegiatannya selain mendalang antara lain: Sebagai Ketua BKKI kabupaten Serang; Ketua Pepadi kabupaten Serang; dan Pelatih pembina Pramuka kabupaten dan propinsi. Sejak berumur 9 tahun ia sudah belajar mendalang. Ia belajar pada Abah Maswi yang bertempat di Leuwiranji, Lebak, Banten. Untuk pertama kalinya di ditanggap orang mendalang pada umur 15 tahun kira-kira pada tahun 1945, di Pendopo Kabupaten Pandeglang.

Jenis pertunjukkan wayang yang dikuasainya adalah pertunjukkan wayang Golek. Sedangkan, daerah penggemarnya meliputi daerah Pandeglang, Rangkasbitung, Serang, Sukabumi, dan Jawa Barat. Ki Priyatna sangat menonjol dalam hal lakon cerita Dalam hal lakon ia telah membuat beberapa sanggit lakon antara lain: Dikso Kolo Dharma; Arjuna Jaya Permana; Jalu Jatin Mertala; dan Prabu Anom Gandawercita. Dikso Kolo Dharma merupakan cerita yang mempunyai tema tentang tindakan pimpinan itu harus adil.

Arjuna Jaya Permana merupakan cerita tentang kekuasaan dan kekuatan itu diperoleh tidak hanya karena dirinya sendiri. Jalu Jatin Mertala merupakan cerita yang mempunyai tema tentang amanat penderitaan rakyat. Sedangkan, Prabu Anom Gandawercerita mempunyai tema cerita bahwa seorang pimpinan itu harus bijaksana. Pada tahun 1947 – 1960 ia mendapat bayaran rata-rata Rp 300.000,- sekali pentas. Saat ini imbalan dalam pentasnya antara Rp 5.000.000,– sampai Rp 10.000.000,–.

Source wayang.wordpress.com wayang.wordpress.com/2010/03/06/ki-r-noer-iman-priyatna-kamadjaja-wp/#more-1141
Comments
Loading...