Dalang Wayang : Ki Suparno Wonokromo, Palembang

0 254

Ki H Suparno Wonokromo, CEO Jawa Pos Indonesia Timur, yang juga bos Harian Sumatera Ekspres (Sumeks Grup, Harian Sumatera Ekspres, Palembang Pos, Radar Palembang, Palembang Ekspres dan PalTV), bakal menggelar pergelaran wayang kulit semalam suntuk di TVRI Stasiun Palembang, Sabtu (18/10) pukul 21.00 Wib. Pak Parno, demikian sapaan sehari-hari bakal memainkan lakon ‘’Wahyu Pangayoman’’ dengan didampingi sinden bule dari Amerika Serikat (AS) Karen Elizabeth Sekar Arum dan pelawak kondang Gareng Sumarbagyo dan Bagong dari Semarang.

Pergelaran wayang kulit semalam suntuk ini selain program rutin Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Komisariat Daerah (Komda) Kota Palembang dalam upaya melestarikan budaya leluhur yang sudah memperoleh pengakuan Unesco sebagai budaya agung dunia, juga dalam rangka tiga tahun kepengurusan Pepadi Komda kota Palembang dibawah kepemimpinan H Suparno Wonokromo. Menurut Ketua Panitia Pelaksana, Triyono Junaidi, didampingi Yatin Hadi Karsono, wakil ketua pelaksana, pergelaran ini sebenarnya tidak terkait oleh moment apapun.

Ki Suparno Wonokromo sendiri hanya hobi wayang. Kapanpun bisa mendalang tanpa terikat oleh ruang dan waktu. Bahkan sebelumnya, Suparno berencana mau mendalang di Jawa Pos Surabaya (markas besar Jawa Pos News Network-JPNN).

Rencana tampil di TVRI Palembang ini bersifat spontan dari pembicaraan kru TVRI beberapa waktu lalu, langsung disambut Pak Parno dengan senang hati. Tentu saja rencana sebelumnya disiapkan

Source budayasumeks.blogspot.com budayasumeks.blogspot.com/2008/10/bos-sumeks-grup-dan-sinden-bule-as.html
Comments
Loading...