Dalang Wayang : Ki Wayang Salto 50 Kali di Monas

0 175

Ki Gunarto mendapat julukan dhalang seket salto alias dalam “semalam salto 50 kali”. Karena demikianlah gaya sabetan yang dimainkan. Banyak salto.

Saya tahu malah setelah ada penonton yang kasih ucapan selamat dan kagum dengan salto yang saya mainkan, lalu orang itu bilang telah menghitung saya membuat adegan salto sampai 50 kali

katanya. Menurut Ki Gunarto, aksi panggung dengan sabetan tetap penting dalam pertunjukan wayang kulit. Bila gurunya, Ki Mantep Sudharono, dijuluki “dalang setan” dengan aksi sabetannya yang khas, dia memilih adegan salto sebagai cirinya. Dalang adalah hobi dan tugas budaya yang diembannya kini. Dia sudah berkeliling Eropa dan pentas di Jepang, mendalang dan memperkenalkan seni wayang kepada dunia. Namun, Ki Gunarto tidak mengandalkan hidup dari wayang. Sebab, sejak selesai kuliah dia bekerja di perusahaan konsultan tenaga kerja dan membangun perusahaan konsultan sendiri.

Perusahaan saya biasa mengetes pegawai baru

kata Direktur PT Indo Psikologi Utama, perusahaan konsultan psikologi tenaga kerja ini. Ki Gunarto menikah dengan dokter gigi dan menjadi ayah dua anak yang kini menginjak remaja. Sebagai seniman tradisional, dia menepis kecenderungan dalang menikahi sinden yang selalu mendampinginya pentas.

Kalau ada sinden yang juga dokter gigi mungkin saya tertarik, ha-ha-ha

kelitnya, tentu bercanda. Dia merasa bersyukur telah beristri seorang dokter gigi

Source Pos poskotanews.com/2018/04/13/wayang-salto-50-kali-di-monas
Comments
Loading...